PJTD 2017 LPM SINVESTA: Pers Ideal, Pers Tanpa Berita Hoax

Sinvesta, Jember (19/03/2017) Hari ini dan kemarin (19/3) pukul 07.00 WIB di ruang 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat FKM UNEJ telah terselenggara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar X LPM SINVESTA. Meski masih terdapat beberapa kendala teknis seperti pemadaman lampu, namun kegiatan tetap berjalan dengan lancar dan semangat para anggota baru maupun panitia tak pernah padam dari pembukaan hingga penutupan acara.

Berdasarkan keterangan Rike Andriyani selaku ketua panitia PJTD 2017, kegiatan PJTD X ini sedikit berbeda dengan rangkaian kegiatan tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan pada dua hari saja. Pada tahun ini rangkaian PJTD LPM SINVESTA dilakukan selama tiga hari dengan hari pertama yaitu Pra-PJTD atau Technical meeting yang dilaksanakan pada hari Minggu (5/3)  berupa pencarian berita yang bertempat di alun-alun, kemudian pada Sabtu (18/3) adalah diklat ruang dan Minggu (19/3) adalah diklat lapang sekaligus pengukuhan.

Pada diklat ruang para calon anggota baru dibekali dengan beberapa ilmu seperti sejarah PPMI, teknik reportase dan wawancara, manajemen redaksi, penulisan berita, teknik fotografi hingga perwajahan media cetak. Esok harinya saat diklat lapang yang juga bertempat di lingkungan FKM UNEJ, disitulah ilmu-ilmu yang didapat dari diklat ruang bisa diaplikasikan seperti berupa pembuatan mading dan layouting di corel draw.

IMG_6598
Anggota baru berfoto bersama setelah pengukuhan

Tema yang diambil pada PJTD tahun ini yaitu “Save the Journalism Era with A Good Journalist” mengingat pada zaman sekarang ini marak beredar berita hoax atau berita tidak benar yang dapat menyebabkan miskonsepsi pada masyarakat. Dengan terselenggaranya PJTD yang ke-10 ini diharapkan mahasiswa pers FKM UNEJ mampu menjadi sosok persma ideal yang memiliki kemampuan dalam kepenulisan berita dan pembuatan media massa sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Harapanku, agar peserta PJTD tahun ini dapat menerapkan materi-materi yang telah diberikan pemateri dengan baik dan dapat berkontribusi di SINVESTA dengan optimal. Juga bisa akrab dengan temen-temen SINVESTA dan temen-temen PPMI.” tutur Rike.

Sedangkan, ketua umum SINVESTA Taufiq Adiansyah menuturkan bahwa ia memiliki harapan yang besar terhadap anggota baru yang mana merupakan mahasiswa FKM aktif angkatan 2015 dan 2016 ini. Menurutnya para peserta yang mengikuti PJTD tahun ini memiliki potensi sebagai anggota persma yang kritis.

“Pesertane keren, karena rata-rata aktif, aku ngelihatnya mereka bakal jadi orang-orang yang kritis.Harapane tentunya setelah bergabung dengan SINVESTA, mereka bisa loyal, bisa seperti keluarga sendiri, nggak malu-malu dalam artian kalau ada yang kurang enak hati langsung diomongkan. Pengennya sama-sama kita bisa bikin SINVESTA lebih baik lagi.” Jelas Taufiq saat diwawancarai.

Selamat datang  sekali lagi kami ucapkan kepada seluruh anggota baru LPM SINVESTA, kami tunggu kontribusinya ya kawan. SINVESTA, karena sehat itu investasi kita.

Mari berjejaring dan saling menguatkan! Salam Persma!

(Tim redaksi)

Foto: http://tiny.cc/pjtdxs

Ig: @sinvestafkmuj

.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s